Wujudkan Kamtibmas Yang Kondusif, Dir Binmas Gelar FGD Bangun Sinergitas di Sumbawa

oleh -131 Dilihat
oleh

JURNAL86.COM, SUMBAWA BESAR NTB –
Sebagai upaya mewujudkan Kamtibmas Yang Kondusif, Dir Binmas Polda NTB, Dir Binmas Polda NTB Kombes Pol. Desi Ismail, S.I.K bangun Sinergitas di Sumbawa bersama tokoh agama, masyarakat, tokoh adat dan pemuda, kegiatan tersebut berlangsung di Aula Hotel Grand Sumbawa, kamis (27/10/2022) pagi.

turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dir Binmas Polda NTB Kombes Pol. Desi Ismail , Kasubdit Bintibmas Polda NTB, Kasat Binmas, KBO Binmas Polres Sumbawa tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh pemuda.

Dir Binmas Polda NTB dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda dalam rangka membangun sinergitas polri dan masyarakat guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah ntb.

Kombes Pol. Desi Ismail memaparkan 4 (empat) hal untuk memantapkan stabilitas keamanan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat agar terwujudnya masyarakat yang berkarakter, toleran dan berbudaya, dan memantapkan stabilitas keamanan.

memantapkan stabilitas keamanan artinya upaya menciptakan kerukunan antara komponen bangsa dan kelompok masyarakat dalam menjaga keutuhan NKRI (negara kesatuan republik indonesia)

masyarakat yang berkarakter artinya masyarakat yang taat beragama, memiliki budi pekerti luhur dan berahlak mulia.

toleran artinya tenggang rasa, saling hormat menghormati dalam kehidupan beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

berbudaya artinya menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dan melaksanakan budaya, nilai-nilai adat istiadat dan kearifan lokal lainnya dalam kehidupan sehari-hari, paparnya.

Menurutnya, Ketahanan ekonomi sebagai salah satu indikator yang menunjukan tangguh tidaknya suatu negara/daerah saat menghadapi tantangan, ancaman, hambatan dan gangguan. oleh karena itu pembangunan ekonomi selalu di laksanakan oleh pemerintah untuk mencapai kesejahteraan masyarakat yang adil, maju, dan mandiri melalui pemenuhan kebutuhan hidup, peningkatan kapasitas dan kualitas sumber daya, dan diikuti dengan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan, beber Dir Binmas.

dalam rangka menciptakan kondisi yang aman dan damai sebelum dan sesudah pelaksanaan pilkades, dirinya berharap bahwa untuk pelaksanaan pilkades di wilayah kab. sumbawa akan dapat terlaksana dengan aman serta damai mudah mudahan pelaksanaan pilkades nanti akan dapat berjalan seperti yang kita harapkan bersama, yaitu Pilkades yang aman kondusif dan damai.

“saya selaku Din Binmas sesuai dengan instruksi Kapolda NTB memohon kepada para tokoh yang sangat berperan penting dan sangat berpengaruh dalam menggerakan dan meningkatkan kesadaran masyarakat yang taat hukum, untuk dapat menjaga lingkungan kita masing masing, ayo kita sama sama menjaga lingkungan kita menjelang pilkades di beberapa desa di pulau sumbawa, tetap utamakan persatuan dan kesatuan sehingga apa yang menjadi tujuan dari deklarasi damai ini dapat tercapai,dan saya berharap apa yang kita laksanakan hari ini dapat terealisasikan pada pelaksanaan pilkades nanti”, pintanya.

oleh karenanya, diharapkan kepada semua tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh pemuda untuk turut aktif dalam pencegahan permasalahan tersebut, mampu melaksanakan pencegahan terhadap potensi-potensi gangguan, kejahatan yang akan terjadi atau yang dikatakan deteksi dini ambang gangguan ( upaya preemtif), tandasnya.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penyerahan Sembako secara simbolik oleh Dir Binmas Polda NTB. kemudian arahan Kasubdit Binmas Polda NTB sekaligus tanya jawab, dan diakhiri dengan photo bersama.

( IN.JR86 )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.