Tanam 20.500 Pohon Mangrove upaya wujudkan Net Zero Emission

oleh -176 Dilihat
oleh

JURNAL86.COM, Sabtu 15 November 2022 , PT Mayora Indah Tbk berkolaborasi dengan PT Megalopolis Manunggal Industrial Development (MMID) melakukan penanaman pohon mangrove di Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat.

IR&GA Bussiness Partner, Luky Lukman Hakim mengatakan, Tahun ini, aksi yang diwadahi oleh MM2100 Peduli tersebut telah menanam sebanyak 20.500 pohon. Alhamdulillah PT Mayora Indah Tbk bisa berpartisipasi sebanyak 900 Pohon mangrove.
Kegiatan penanaman mangrove yang ke-6 ini merupakan lanjutan sejak tahun 2015 dan sempat terhenti pada tahun 2020 dan 2021 karena pandemi Covid-19. Penanaman mangrove saat ini diprioritaskan di wilayah muara sungai, mengingat ancaman abrasi pantai yang masih terjadi.

Selaras dengan tujuan pemerintah yang menargetkan awal penurunan emisi gas rumah kaca pada tahun 2030 mencapai 29%. Melalui kegiatan ini kami berupaya mempercepat pencapaian target tersebut,” ujar Luky Lukman Hakim

Mangrove merupakan ekosistem esensial yang menjadi salah satu parameter ekosistem Blue Carbon, karena mangrove berperan memanfaatkan CO2 untuk  fotosintesis dan menyimpannya dalam stok biomassa dan sedimen.

“Hutan mangrove bahkan mampu menyimpan karbon (carbon sinks) sebanyak 4-5 kali lebih banyak dari pada hutan tropis daratan. Sehingga mangrove dapat memberikan kontribusi besar dalam penyerapan emisi karbon sebagai aksi pencegahan climate change,” tandasnya

Selain berfungsi menyerap emisi karbon, mangrove juga mampu mengurangi abrasi pantai, menjaga kualitas air pesisir, konservasi keanekaragaman hayati dan menyediakan bahan-bahan alami penting yang mendukung sektor perikanan.
“Pasalnya, manfaat hutan mangrove bagi lingkungan dan kehidupan antara lain sebagai tempat berlindung dan memijah bagi udang,ikan dan perendam gas emisi yang berasal dari efek rumah kaca,”
Sehingga, dengan adanya hutan mangrove ini diharapkan mampu mendukung sumber mata pencaharian masyarakat pesisir pantai tersebut.

“Kami yakin perubahan besar selalu diawali dari langkah kecil, semoga kegiatan ini dapat menginspirasi sehingga mampu meningkatkan masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan,”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.