Polres Ciamis Sterilisasi Dua Gereja di Ciamis Sebelum Perayaan Natal Tahun 2023

oleh -211 Dilihat
oleh

Polres Ciamis Sterilisasi Dua Gereja di Ciamis Sebelum Perayaan Natal Tahun 2023
Polres Ciamis Sterilisasi Dua Gereja di Ciamis Sebelum Perayaan Natal Tahun 2023

Jurnal86.Com CIAMIS ~ Jelang perayaan Natal Tahun 2023, Polres Ciamis Polda Jabar bersama Tim Gegana Sat Brimob Polda Jabar melaksanakan sterilisasi Gereja yang ada di Kabupaten Ciamis. Sterilisasi ini dilakukan sebagai upaya memberikan rasa aman bagi umat Kristiani dalam menjalankan ibadah Natal.

Sterilisasi ini dilaksanakan di dua Gereja pusat kota Kabupaten Ciamis. Kedua Gereja itu yakni, Gereja Pantekosta Ciamis dan Gereja Paroki St. Yohanes Pembaptis Ciamis, Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (24/12/2023).

Sterilisasi ini dibawah kendali operasional Kabag Ops Polres Ciamis Polda Jabar Kompol Nia Kurnia SH., M.H., dan melibatkan sejumlah personel gabungan satuan fungsi Polres Ciamis Polda Jabar. Meliputi Sat Samapta, Sat Intelkam, Sat Reskrim dan Sie Humas Polres Ciamis.

Personel Polres Ciamis Polda Jabar dan Gegana Sat Brimob Polda Jabar melakukan penyisiran setiap sudut bangunan Gereja. Satu persatu, seluruh ruangan gereja diperiksa menggunakan metal detector (pendeteksi logam).

Kapolres Ciamis Polda Jabar AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro, SH., S.I.K., M.T., melalui Kabag Ops Polres Ciamis Polda Jabar Kompol Nia Kurnia, mengatakan, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman menjelang perayaan Natal Tahun 2023, Polres Ciamis Polda Jabar bersama Gegana Sat Brimob Polda Jabar melakukan sterilisasi Gereja yang akan digunakan ibadah saat malam Natal dan setelahnya.

“Kami meningkatkan pengamanan dengan pengecekan gereja untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada setiap warga dalam melaksanakan ibadah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Kompol Nia Kurnia.

Kompol Nia Kurnia memastikan situasi menjelang ibadah perayaan Natal di wilayah hukum Polres Ciamis Polda Jabar, aman dan kondusif. Masyarakat dihimbau untuk tidak cemas dan khawatir saat melaksanakan ibadah.

“Kami mengajak seluruh pimpinan umat beragama untuk tetap menjaga kebersamaan dengan saling menghargai dan menghormati,” imbuhnya.

Sterilisasi yang dilakukan berupa pengamatan secara umum di sekitar gereja dengan radius 20-50 meter, melakukan Pemeriksaan terhadap Kendaraan R2 dan R4 yang terparkir di sekitar gereja, terutama pada bagian bawah (kolong) mobil dengan menggunakan spion khusus pemeriksaan. Serta tentunya melakukan pemeriksaan disekitar Gereja terhadap hiasan gereja, tanaman hias, pohon-pohon dan tong sampah dengan menggunakan metal detector.

Selain itu juga melakukan pemeriksaan kamalir air (got) dengan menggunakan metal detector, dan melakukan pemeriksaan terhadap semua stop kontak listrik maupun mix pengeras suara.

*Ciamis, Kapolres Ciamis, Polda Jabar.

Sri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.