Pj Bupati Nagan Raya Menerima Teknis RDTR Kuala Pesisir dari Kementrian ATR/BPN

oleh -95 Dilihat
oleh

Pj Bupati Nagan Raya Menerima Teknis RDTR Kuala Pesisir dari Kementrian ATR/BPN
Pj Bupati Nagan Raya Menerima Teknis RDTR Kuala Pesisir dari Kementrian ATR/BPN

JAKARTA,- jurnal86.com Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP., S.Sos., M.Si menerima materi teknis Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kecamatan Kuala Pesisir dari Kementerian ATR/BPN di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024).

Materi teknis tersebut merupakan hasil dari kegiatan bantuan teknis penyusunan RDTR Anggaran Belanja Tambahan Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (ABT BA BUN) Tahun 2023 yang telah diselesaikan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Dalam penerimaan bantuan ini Pj Bupati Fitriany Farhas juga didampingi oleh Kepala Dinas PUPR Nagan Raya Ir. Tamarlan, ST., dan Kabid Penataan Ruang Dinas PUPR Murizal Husin, ST.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Fitriany Farhas menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Pusat, khususnya Kementerian ATR/BPN. Karena dengan bantuan teknis penyusunan RDTR ini, sebutnya, diharapkan dapat meningkatkan iklim investasi yang kompetitif di Kabupaten Nagan Raya.

Lanjut, Pj Bupati Fitriany juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya yang telah bersatu padu, sehingga bantuan itu dapat diraih dan dijalankan dengan pendampingan yang maksimal.

“Terima kasih kepada semua jajaran Pemkab Nagan Raya yang telah membantu dalam proses sehingga pencapaian ini dapat kita dapat peroleh,” ucap PJ Bupati Fitriany

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas PUPR Nagan Raya Tamarlan melalui Kabid Penataan Ruang Dinas PUPR Murizal Husin, ST. menjelaskan, dalam undangan yang diterima disebutkan serah terima hasil materi teknis ini dilaksanakan dalam rangka pemenuhan komitmen penandatanganan Pakta Integritas Kegiatan Bantuan Teknis Penyusunan RDTR antara Direktur Jenderal Tata Ruang dengan para kepala daerah yang dilaksanakan pada Agustus 2023 lalu.

Sebagai langkah selanjutnya dari penyelesaian kegiatan tersebut, Pemerintah Kabupaten/Kota diharapkan segera menindaklanjuti proses penetapan RDTR menjadi Peraturan Kepala Daerah (Perkada) dan proses perintegrasiannya ke dalam sistem Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA), sehingga proses perizinan menjadi lebih singkat, mudah diakses public, dan transparan.

“Untuk itu, Kementerian ATR/BPN mengundang para Kepala Daerah termasuk Pj Bupati Nagan Raya untuk menerima Hasil Bantuan Teknis RDTR Tahun 2023 tersebut,” kata Murizal, Kabid Penataan Ruang.

Untuk diketahui, selain Kabupaten Nagan Raya, katanya, ada dua daerah lainnya dari Provinsi Aceh yang juga mendapat bantuan tersebut, yaitu Kabupaten Aceh Utara dan Kabupaten Pidie.

“Dimana Kabupaten Nagan Raya merupakan salah satu kabupaten/kota yang mendapat bantuan tersebut,” kata Murizal.

“Dari jumlah 514 kabupaten/kota di Indonesia, hanya sebanyak 82 kabupaten/kota yang mendapatkan bantuan itu. Dengan rincian sebanyak 77 RDTR kabupaten/kota, dan 5 RDTR Kawasan Perbatasan Negara, dan kesempatan memperoleh bantuan ini didasarkan dari hasil evaluasi bahwa Kabupaten Nagan Raya menjadi salah satu daerah investasi skala nasional,” tutur Murizal.

Turut hadir dalam acara itu, Menteri ATR/BPN Dr. Hadi Tjahjanto, S.I.P. beserta jajarannya, pejabat dari Kantor Staf Presiden RI, pejabat Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Informasi Geospasial (BIG) dan seluruh perwakilan Pemerintah Daerah yang terlibat.

Sofyan Jl86

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.