Pemkab Nagan Raya Melalui Diskominfotik Gelar FGD Pendampingan Penyusunan Rencana Induk Smart City Tahap III

oleh -215 Dilihat
oleh

JURNAL86.COM, SUKA MAKMUR – Pemerintah Kabupaten Nagan Raya melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik bekerja sama dengan Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh gelar Focuss Group Discussion (FGD) Pendampingan Penyusunan Rencana Induk Smart City Tahap III.

Kegiatan dengan tema “Mewujudkan Pelayanan Masyarakat yang Lebih Baik” berlangsung di Aula Hotel Grand Nagan Simpang Peut Kecamatan Kuala, Rabu (26/10/2022).

Pj Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas, AP. SSos.,MSi diwakili Sekretaris Daerah, Ir H Ardimartha, dalam sambutannya mengatakan, salah-satu sasaran pokok dan arah kebijakan rencana pembangunan jangka panjang (RPJP) Kabupaten Nagan Raya tahun 2005-2025 yang berhubungan dengan sektor Kominfo adalah peningkatan kualitas pendidikan melalui penambahan jumlah dan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing, penguasaan teknologi informasi dan komunikasi, kemampuan berinovasi dan kreativitas serta Penguatan Sistem teknologi komunikasi informasi dan telematika.

“Arah kebijakan ini dipertegas pada rencana pembangunan Nagan Raya 2023-2026 dengan program/kegiatan peningkatan indeks sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE),” katanya.

Dikatakan, SPBE merupakan penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan pelayanan kepada penggunanya.

Sekda menjelaskan, program smart city merupakan kegiatan pengembangan dan pengelolaan suatu daerah dengan manfaat teknologi informasi untuk menghubungkan, memonitor dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada dengan lebih efektif dan efisien.

Tujuan akhir, lanjut Sekda, dalam rangka memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Ditambahkan, dengan smart city diharapkan dapat membantu solusi atas kendala suatu daerah dan memberikan manfaat kepada pemerintah dan masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidup dalam rangka efesiensi dan efektifitas alokasi sumber daya daerah, mengurangi kesenjangan dalam masyarakat, transparan dan partisipasi publik dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Melalui FGD ini saya mengharapkan kepada para peserta penggunkanlah kesempatan ini dalam rangka memajukan Kabupaten Nagan Raya menjadi lebih baik,” pungkas Ardimartha.

Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 26-27 Oktober 2022 dan diikuti pejabat yang menangani perencanaan dari SKPK lingkup Pemerintah Nagan Raya.

Sementara pemaparan materi disampaikan Kabid Layanan E-Government Diskominsa Aceh,
Hendri Dermawan, SKom, Ima Dwitawati, MBA, Twk, Mohd Iqbal, ST.,MT dan Zainal Mahyar, SPd.

Turut hadir Kadis Kominfotik Nagan Raya, Drs Said Amri, Kabid TIK Diskominfotik, Teuku Syamsul Bahri, MKom.

SOFYAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.