Pemkab Nagan Raya Gelar Rakorda Sensus Pertanian Tahun 2023

oleh -137 Dilihat
oleh
Pemkab Nagan Raya Gelar Rakorda Sensus Pertanian Tahun 2023
Pemkab Nagan Raya Gelar Rakorda Sensus Pertanian Tahun 2023

Suka Makmue,- jurnal86.com Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas AP. S.Sos., M.Si. yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Amran Yunus, S.P., M.T. membuka secara resmi Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Sensus Pertanian Tahun 2023.

Rakorda yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Nagan Raya tersebut dilaksanakan sekaligus sebagai Sosialisasi Sensus Pertanian 2023 yang berlangsung di Aula Wisma Syariah Kecamatan Kuala kabupaten setempat, Selasa (30/05/2023).

Dalam arahannya, Amran Yunus menyampaikan Pemerintah Kabupaten Nagan Raya sangat mendukung atas terselenggaranya Rakorda sekaligus Sosialisasi Sensus Pertanian Tahun 2023.

“Mendukung penyelenggaraan rapat sosialisasi ini untuk menguatkan koordinasi, kolaborasi dan konsolidasi eksternal dan internal dalam rangka mempersiapkan menyusun rencana kerja, menyusun stratergi dan manajemen lapangan pelaksanaan kegiatan Sensus Pertanian 2023 di Nagan Raya,” ujar Amran.

Selain itu, Amran Yunus mengharapkan pelaksanaan Sensus Pertanian Tahun 2023 dapat menyediakan data struktur pertanian sampai unit-unit administrasi terkecil dan menyediakan data yang dapat digunakan sebagai tolak ukur statistik pertanian saat ini.

“Sensus Pertanian Tahun 2023 agar benar-benar dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan teliti yang merupakan pijakan untuk merancang masa depan pertanian dan pangan,” harap Amran.

Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten Nagan Raya, Sardi, S.E., M.SI. dalam laporannya mengungkapkan kegiatan Sensus Pertanian 2023 (ST2023) merupakan Sensus Pertanian ke-7 yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik.

“Sensus Pertanian sebelumnya dilaksanakan pada tahun 1963, 1973, 1983, 1993, 2003 dan 2013. Kegiatan ST2023 ini bertujuan untuk mendapatkan data struktur pertanian yang lengkap dan akurat sebagai bahan perencanaan maupun evaluasi hasil-hasil pembangunan khususnya di sektor pertanian,” ungkap Sardi.

Lebih lanjut, Kepala BPS Kabupaten Nagan Raya itu menyampaikan kegiatan Sensus Pertanian 2023 akan dilaksanakan mulai tanggal 1 Juni hingga 31 Juli 2023 dengan mendata seluruh pelaku usaha pertanian, baik perorangan, kelompok, maupun perusahaan pertanian berbadan hukum di wilayah Kabupaten Nagan Raya.

“Sensus Pertanian 2023 mencakup sektor tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan, dan jasa pertanian. Data ini nantinya akan digunakan sebagai dasar kebijakan selama 10 tahun ke depan,” pungkas Sardi.

Kegiatan Rakorda tersebut dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala BPS Kabupaten Nagan Raya, Sardi, S.E., M.SI. serta Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Nagan Raya, drh. Safridhal.

Turut hadir sejumlah kepala perangkat daerah, pejabat fungsional statistisi, koordinator statistik kecamatan dalam Kabupaten Nagan Raya serta para undangan lainnya.

Sofyan Jl86

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.