Partai Golkar, Gerindra, Nasdem Dan PDIP Pimpin DPRD Sumsel.

oleh -155 Dilihat
oleh

Partai Golkar, Gerindra, Nasdem Dan PDIP Pimpin DPRD Sumsel.
Partai Golkar, Gerindra, Nasdem Dan PDIP Pimpin DPRD Sumsel.

JURNAL86.COM, SUMSEL,– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel sudah menuntaskan pleno rekapitulasi perolehan suara DPRD Provinsi Sumsel dan kabupaten/kota. Sudah didapat gambaran 75 nama caleg yang bakal duduk di DPRD Sumsel periode 2024-2029 (lihat grafis), Minggu (10/03/2024).

Sebagian merupakan caleg petahanan yang mencalonkan diri dan kembali meraup banyak suara dari konstituen di daerah pemilihan (dapil) mereka. Sebagian lagi wajah baru.

Misalnya, di dapil Sumsel 1 (Palembang A), wahag barunya ada Aryuda Perdana Kesuma (Golkar). Dia putra Ketua DPRD Sumsel saat ini, RA Anita Noeringhati. Meraup 26.334 suara.
Lalu ada Hj Romiana Hidayati (PDIP). Dia adik kandung Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Mbak Omi, sapaan akrabnya, meraih 21.878 suara. Lalu ada Ketua DPW PKS Sumsel, Muhammad Toha yang meraih 17.278 suara.
Di dapil Sumsel 2 (Palembang B) ada Zaitun (Gerindra), putri mantan Wagub Sumsel H Mawardi Yahya yang meraih 25.688 suara.

Ada juga Ketua PAN Palembang, Fajar Febriansyah yang meraih 23.879 suara.
Di dapil Sumsel 3 (OKI-OI) ada Ilyas Panji Alam (PDIP), mantan Bupati Ogan Ilir yang meraih 29.652 suara. Lalu, IKe Meilina (Demokrat), istri Wakil Ketua DPRD Sumsel H Muchendi Mahzareki, yang meraih 38.190 suara.
Ada juga M Alki Ardiansyah (PAN), putra mantan Bupati OKI H Iskandar yang meraih 22.745 suara. Dari dapil Sumsel 4 (OKUT) ada caleg baru seperti Meilinda Habson (Nasdem), adik mantan Gubernur Sumsel H Herman Deru, yang meraih 43.092 suara. Kemudian, Lilik Setio Rini (PAN), istri mantan Wabup OKUT, Fery Antoni, yang meraih 30.802 suara.
Di dapil Sumsel 5 (OKU-OKUS) ada Isyana Lonitasari (Demokrat), istri Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo. Dapil
Sumsel 6 (Prabumulih, Pali, Muara Enim) ada Lury Elza Alex (Golkar), putri mantan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin. Juga Ayu Nur Suri (PDIP), istri Ketua DPD PDIP Sumsel, HM Giri Ramanda N Kiemas.
Dari dapil Sumsel 7 (Lahat, Empat Lawang, Pagaralam) di antaranya ada pendatang baru seperti Persi (PAN), saat ini menjabat Ketua DPRD Empat Lawang. Dapil Sumsel 8 (Mura Lubuklinggau dan Muratara) ada Rica Novlianty (Gerindra), putri Wakil Bupati Mura Hj Suwarti. Kemudian ada Hendra Gunawan (Nasdem), mantan Bupati Mura

Sedangkan dari dapil Sumsel 9 (Musi Banyuasin) ada Andi Rizkiansyah (Golkar), putra Pj Bupati Muba Drs Apriyadi. Susi Imelda (PDIP), istri mantan Wakil Bupati Muga Beni Hernedi serta Hj Lucianty (PKN), Ketua PKN Sumsel. Sementara dapil Sumsel 10, ada M Syarif Hidayatullah (PDIP), putra mantan Bupati Banyuasin Askolani.
Ada pun untuk perolehan 75 kursi DPRD Sumsel, terbanyak Golkar dengan 12 kursi, disusul Gerindra 11 kursi, Nasdem 10 kursi, PDIP 9 kursi, dan Demokrat 8 kursi. Kemudian, PKB dan PKS sama-sama 7 kursi, PAN 6 kursi, dan PPP 2 kursi. Sementara, Hanura, Perindo dan PKN sama-sama 1 kursi.
Dengan begitu, Golkar akan pimpin DPRD Sumsel kembali, didampingi Gerindra, Nasdem dan PDIP. Bagaimana komentar caleg yang akan duduk di DPRD Sumsel? Salah seorang caleg yang hattrick terpilih adalah Lindawati Syarofi SH MM
Putri dari almarhum H Syaropi RM yang bertarung di dapil Sumsel 4 (OKU Timur) ini berhasil meraih 30.398 suara. “Alhamdulillah, dari lubuk hati sanubari yang terdalam terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat OKU Timur atas kepercayaannya sehingga kami dapat kembali duduk sebagai wakil rakyat di DPRD Sumsel,” ujar dia.
Ia berjanji akan jalankan aman dan tak akan menyia-nyaiakan dukungan terhadapnya. Dengan segenap kemampuan, Linda akan berusaha mewujudkan kesejahteraan masyarakat, terutama yang ada di OKU Timur.
Darah politik ini menurun dari sang ayah yang dulunya tokoh Partai Golkar Sumsel. Terbukti, tak hanya Linda, saudaranya H Beni Defitson yang kini masih menjabat Ketua DPRD OKU Timur juga terpilih kembali menjadi wakil rakyat di daerah itu.

“Almarhum ayah menempa kami anak-anaknya dengan didikan yang keras. Terbukti kami tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan mampu berkiprah di bidangnya masing-masing,” tandas Linda.
Terpisah, H Ahmad Palo SE yang maju dari dapil Sumsel 6 (Muara Enim, Prabumulih dan PALI) dari PPP berhasil meraih suara tertinggi d dapil itu, sebagaimana dilansir dari Sumeks.id

“Alhamdulillah kami sampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat di Dapil Sumsel 6. Insya Allah kami akan menjalankan amanah yang diberikan ini dengan baik,” kata pria yang saat ini masih menjabat Wakil Ketua DPRD Kota Prabumulih itu.
Sekretaris DPW PPP Sumsel ini meraih 26.972 suara. Palo menyebut, ada banyak hal yang harus dituntaskan di Sumsel. Diantaranya, peningkatan taraf perekomonian dimana selama ini masyarakat di Dapil 6 lebih banyak menggantungkan hidupnya dari berkebun karet.
“Kami di DPRD Sumsel akan kami dorong upaya peningkatan taraf perekomian. Terutama dengan menggali sektor-sektor baru diluar pertanian,” sebut Palo yang sudah tiga periode duduk sebagai wakil rakyat DPRD Kota Prabumulih ini. ( rls. Team AWDI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.