MIN 8 Nagan Raya Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka

oleh -13 Dilihat
oleh
MIN 8 Nagan Raya Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka
MIN 8 Nagan Raya Sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka

Nagan Raya – Madrasah ITdaIyah Negeri MIN 8 Nagan Raya menggelar sosialisasi implementasi Kurikulum Merdeka pada hari Senin (10/06/2024). Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk kepala sekolah, guru, pengawas madrasah, dan komite madrasah, dengan tujuan untuk mempersiapkan penerapan Kurikulum Merdeka yang segera diimplementasikan di madrasah tersebut.

Dalam sambutannya, Kepala madrasah, Bapak M. Dahlan, S.Pd., M.Pd, menegaskan pentingnya segera pelaksanaan Kurikulum Merdeka di MIN 8 diwujudkan. Beliau menyampaikan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan bagi peserta didik untuk berkembang secara adil dan bijaksana. “Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di MIN 8 harus terlaksana segera karena kurikulum ini memberikan keluasaan bagi peserta didik untuk berkembang secara kreatif, kritis, adil dan berkemandirian,” ujar beliau. Harapan beliau agar Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di MIN 8 dapat segera terlaksana di madrasah yang beliau pimpin.

Sosialisasi ini menghadirkan dua pemateri, yaitu Bapak Syibran Mulasi,M.A dosen Tarbiyah dan Keguruan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh dan Bapak T Imran, guru MIN 2 Kabupaten Nagan Raya alumni pelatihan kurikulum merdeka Berbasis kounitas Kabupaten Naga Raya, Kedua pemateri ini menyampaikan materi yang komprehensif tentang urgensi pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam pengembangan potensi anak didik secara holistic dan berkarakter, Syibran Mulasi menekankan bahwa Kurikulum Merdeka adalah langkah maju dalam sistem pendidikan yang memungkinkan siswa untuk belajar sesuai dengan minat dan bakat mereka, pembelajaran dalam Kurikulum ini bukan saja saja mengisi otak,namun hati dan pengembangan skill juga diasah dengan baik secara langsung dalam pembelajaran, sehingga mampu mengembangkan potensi peserta didik secara maksimal. Sementara itu, Bapak T Imran berbagi pengalaman praktis tentang strategi penerapan Kurikulum Merdeka pada kurikulum madrasah dan bagaiman Menyusun CP pembelajaran yang berbasis IKM sehingga pembelajaran dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh siswa di sana.

Acara ini juga dihadiri oleh Pengawas Madrasah Bapak Drs.H. Meurahban, MA, dan Ketua Komite Madrasah Bapak Hardianto. Kehadiran mereka menambah semarak dan motivasi tersendiri bagi madrasah dan menunjukkan dukungan penuh terhadap implementasi Kurikulum Merdeka di MIN 8 Nagan Raya.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan seluruh pihak yang terlibat terutama guru MIN 8 Nagan Raya dapat memahami dan mendukung implementasi Kurikulum Merdeka dengan segera demi kemajuan pendidikan dan pengembangan potensi peserta didik secara menyeluruh madrasah.

Sofyan JR86

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.