DZIKIR TRAUMA HEALING UNTUK KORBAN GEMPA CIANJUR

oleh -244 Dilihat

Jurnal86.Com Cianjur – Ada sisi lain yang barangkali belum menjadi fokus perhatian bagi para pegiat sosial. Yaitu Trauma Healing.

Trauma Healing adalah proses bantuan psikologis terhadap korban sebuah guncangan tertentu, baik oleh bencana Alam maupun oleh kekerasan manusia.

Diantara Korban Gempa Cianjur terdapat yang masyarakat jiwanya terguncang, apakah merasa bersalah karena tidak bisa menolong keluarganya. Apakah merasa bersalah karena terlalu lambat dalam menolong. Apakah mungkin menyalahkan “takdir” karena ditinggal oleh orang orang yang tercinta.

DZIKIR TRAUMA HEALING UNTUK KORBAN GEMPA CIANJUR
DZIKIR TRAUMA HEALING UNTUK KORBAN GEMPA CIANJUR

Sangat banyak sekali kasus kejiwaan yang tergoncang ketika ada bencana datang. Tim alkasyaf selama dari tanggal 26-29 November 2022 akan fokus memberikan terapi dzikir trauma healing di Kampung Garung Desa Cirumput Cigenang Cianjur untuk membantu supaya sedikitnya menolong orang orang yang terguncang dengan menggunakan pendekatan dzikir dan tasawwuf.

Mang Geo sebagai pimpinan pesantren Alkasyaf mengatakan bahwa “kita bisa saja kehilangan material, tapi jangan sampai kita kehilangan spritual, karena kalau kehilangan spritual maka jiwa kita akan tergoncang, stress dan depresi.

Menurut Ibu Onah, “kami merasa senang denga dzikir alkasyaf, karena dengan dzikir ini hati menjadi tenang dan menambah kesadaran akan penerimaan takdir dari yang Maha Kuasa..”.

Mang Geo melanjutkan, “Ketika jiwa terguncang, maka akan dekat dengan strees, depresi bahkan menjadi sarang penyakit. Hubungan jiwa dan raga tentunya jika tak selesai akan menghadapi masalah baru. Barangkali banyak yang mendapat material tapi jika jiwanya terguncang akan sangat berbahaya.”

Kemudian Mang Geo menyebutkan bahwa trauma atas kejadian bencana atau musibah, itu para psikolog menyebutnya dengan POST TRAUMATIC STRESS DISORDER (PSTD). yaitu bentuk gangguan kesehatan mental yang dialami seseorang ketika mengalami kejadian trauma.

Adapun metode yang digunakan oleh tim Alkasyaf adalah metode terapi psikologis yang digabungkan dengan tasawwuf.

Langkahnya adalah 1) Keamanan dan stabilitas, (2) ingat dan terima, (3) Rekonstruksi hubungan, (4) Terapu Prilaku, (5) Terapi CBC, (6) Terapi EMDR, (7) Hipnosis, (7) Terapi Psikodinamik dan Terapi kelompok. (8) Terapi Tasawuf dan Dzikir., ungkap Mang Geo.

Dzikir terapi ini dapat menjadi penyempurna bantuan dari sisi kejiwaan disamping bantuan material lainnya–Ungkap Mulyadi sebagai RT di daerah tersebut. (RED-JR86)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.