Dua Rumah di Bandung Barat Ambruk

oleh -190 Dilihat

Jurnal86.Com Bandung – Sebanyak dua unit rumah di Kampung Ciwur RT 02 RW 10, Desa Cikande, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB) ambruk rata dengan tanah akibat bencana pergerakan tanah.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat laporan pergerakan tanah di Kampung Ciwur telah dilaporkan sejak 20 Mei 2022. Kondisi itu menimbulkan retakan pada dinding rumah. Makin lama retakan membesar sehingga menyebabkan ambruk, pada Senin 6 Juni 2022.

“Laporkan pergerakan tanah di wilayah ini telah terjadi sejak 20 Mei 2022. Saat ini pergarakan tanah semakin membesar dan berdampak awalnya rumah retak, kini telah rata atau ambruk roboh,” kata Kepala Seksi Kedaruratan BPBD KBB, Amas, Selasa 7 Juni 2022.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Pemilik rumah telah mengungsi sementara ke rumah kerabatnya. Selain 2 rumah ambruk, BPBD mencatat ada 3 rumah lagi yang terancam pergerakan tanah.

“Jadi total yang terdampak ada 2 rumah rusak berat ambruk. Selain itu ada 3 di sekitarnya terancam,” tambah Amas.

Berdasarkan hasil investigasi, luas pergerakan tanah di wilayah itu mencapai 1 hektar. Posisi pergerakan tanah berada di cekungan buki sekitar Gunung Paseban.

Amas menyebut pihaknya akan menerjunkan tim geologi untuk meneliti pergerakan tanah di wilayah ini supaya diketahui tingkat kerawanan bagi pemukiman warga.
(RED-JR86)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.