DPC AWPI Jakarta Timur Gelar Rapat Koordinasi Perdana via Zoom Meeting Usai Terima SK Definitif Dari DPP

oleh -76 Dilihat

 

Jurnal86.Com Jakarta — Rapat Koordinasi Perdana melalui zoom meeting Dewan Pmpinan Cabang Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia Korwil Jakarta Timur, Jajaran Pengurus dan anggota, acara terlaksana dengan baik dari pukul 21.15 hingga 22.15, pada Selasa (24/5/2022), malam.

Rapat dilaksanakan secara virtual sebagai langkah cepat DPC AWPI Jakarta Timur setelah menerima SK definitif dari DPP, diikuti oleh pengurus dan anggota.

Rapat dibuka oleh Wakil Ketua DPC AWPI Jakarta Timur, Maman Suparman selaku moderator membacakan atur cara untuk pembahasan dan diskusi terkait program jangka pendek yang akan dilakukan DPC Jakarta Timur.

Rakor via zoom meeting tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPC AWPI Jakarta Timur Abdul Haris, Dalam kesempatan itu ia menyampaikan bahwa, Rakor ini adalah langkah tercepat yang dilakukan oleh DPC setelah resmi menerima SK Definitif dari DPP melalui sekjend beberapa hari lalu, diantaranya supaya segera mungkin untuk mewujudkan kantor sekretariat untuk DPC AWPI Jakarta Timur, ini sebagai langkah untuk kemajuan AWPI, menyatukan visj-misi demi kemajuan AWPI khusus di kota Jakarta Timur,”katanya.

Menurut Haris, “Langkah organisasi menggelar rapat ini untuk koordinasi sekaligus konsolidasi, agar setiap pengurus dan organisasi memahami fungsi dan tugasnya disetiap departemen masing-masing, ini langkah-langkah persiapan menjelang Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang dilaksanakan oleh DPP AWPI yang direncanakan Juni 2022 mendatang,” ujarnya.

Masih dalam zoom meeting, Ia menyampaikan, Pers atau Media dan Wartawan adalah Pilar ke-empat demokrasi kita, Kontrol Sosial bagi instansi Pemerintahan maupun swasta dalam menjalankan tugasnya dilindungi oleh UU PERS no 40 Th 99 jelas di Pasal 18 barang siapa yang dengan sengaja menghambat/menghambat tugas jurnalistik pidana 2 tahun dan atau dengan denda 500 juta. Hal ini menggambarkan betapa kuatnya posisi wartawan, “terang Ketua DPC AWPI Jakarta Timur.

Dia juga menjelaskan Visi dari organisasi AWPI,  membangun Insan Pers Indonesia yang handal, kuat & profesional
sesuai dengan amanat Undang-Undang Pers Indonesia Nomor 40 Th. 1999 yang tercatat di dalam lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 166 th. 1999.

“Selain visinya, juga dijelaskan dalam misi AWPI, yaitu mengawal kedaulatan rakyat, supremasi hukum dan demokrasi yang terpimpin dalam semangat dan cita-cita Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika, serta membangun jaringan ekonomi dan koperasi yang handal, kuat dan profesional sesuai dengan pasal 3 ayat 2 UU Pers RI No. 40 Th 1999 guna mewujudkan kesejahteraan baik untuk anggota maupun untuk masyarakat Indonesia,”jelas Haris.

Selain itu, misi AWPI, “Membangun kecerdasan Intelektual Emosional dan Spiritual (IES) melalui Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) DESQ.5822, Mp.2455 serta AM.3321 sesuai semangat dan cita-cita preambule UUD 45 di dalam alinea 3 (tiga) dan 4 (empat), Ikut serta di dalam upaya bela negara sesuai amanat pasal 27 ayat 3 junto pasal 30 ayat 1 UUD 45, demi terwujudnya kedamaian dan kesejahteraan Negara Kesatuan Republik Indonesia, “tutur Haris.

Pada sesi akhir zoom meeting, dilakukan sesi interaktif dengan tanya jawab dan menyampaikan ide serta gagasan dari masing-masing kepala bidang, sesuai kewenangannya melaksanakan seluruh keputusan dan kebijakan organisasi di dalam Bidang yang berada dalam pengurusannya, serta Tanggungjawab mengkoordinasikan dan mengorganisasikan seluruh penyelenggara program kerja di Seluruh Bidang yang berada dalam pengurusannya dan mempertanggungjawabkan kepada Ketua DPC melalui Wakil Ketua DPC dan juga sekaligus tugas kepala bidang yaitu mengkoordinasikan dan mewakili kepentingan organisasi di seluruh Bidang yang berada dalam pengurusannya. 2. Mewakili Organisasi untuk setiap aktifitas dalam organisasi yang relevan dengan Bidang dalam pengurusannya, “tutup Haris menjelaskan kepada peserta zoom meeting dalam rakor tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.