DISKOMINFO Sumbawa Barat Gelar Rapat Koordinasi

oleh -44 Dilihat
oleh

Sumbawa Barat, jurnal86.com.- Diskominfo Sumbawa Barat Gelar rapat koordinasi dengan pihak-pihak terkait pada selasa 16 januari 2024 pukul 10.00 Wita. Rapat yang digelar di kantor Diskominfo Sumbawa Barat ini membahas beberapa hal pokok diantaranya membahas koordinasi PPID utama hingga PPID Desa, membahas PDPGR Satu Data, Perlu adanya publikasi informasi pelayanan publik ke masyarakat khususnya terkait Kota Cerdas (Smart City), ucap Ir. Abdul Muis, M.M, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Sumbawa Barat.
Untuk mencapai itu tidaklah mudah pasti akan ada Kendala diawal pelaksanaanya, oleh karenanya ditempat yang sama Kadis DPMD Drs. Tajuddin, M.Si menekankan agar diperhatikan bagaimana melakukan integrasi terhadap aplikasi-aplikasi tersebut. Dengan adanya aplikasi PDPGR satu data pengelolaan keuangan desa diharapkan oleh bupati tidak ada penyelewengan anggaran dana desa. “Bupati membutuhkan Keterbukaan Informasi Publik. Diskominfo menjawab melalui PPID.”, ungkap Firman Dwiputra, S.Sos, Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika Dinas Kominfo Sumbawa Barat.

Hal ini didukung oleh penerapan Aplikasi PDPGR Satu Data serta KSB Satu Data. Dan beberapa waktu lalu telah dilaunching web SICANTIK oleh Bupati Sumbawa Barat berisi data yang dibidangi BPS untuk mempermudah semua urusan pemerintahan.
Karena “Salah satu indikator kemajuan Desa yakni Indeks Desa Membangun.”, ungkap Kepala DMPD, Drs Tajuddin, M.Si.

Kabid Kominfo berharap dengan adanya web ini nanti akan tersedia keterwakilan KIP dari desa di KSB juga diadakan Bimtek PPID Desa. PPID Desa adalah cikal bakal program desa digital yang mana nantinya aplikasi tersebut dapat mengakomodir lebih dari sekedar pengumpulan data desa.
Selain itu DPMD akan menyiapkan literasi terkait standar data dan informasi yang mumpuni untuk meringankan pekerjaan operator desa.
Penggunaan web PPID Desa akan dipacu sampai Februari 2024, yang kemudian dapat dibimtekkan di April 2024.

(Lalu.H)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.