Babinsa Kodim Abdya Dorong Petani Tingkatkan Produksi Jagung

oleh -297 Dilihat
oleh
Babinsa Kodim Abdya Dorong Petani Tingkatkan Produksi Jagung
Babinsa Kodim Abdya Dorong Petani Tingkatkan Produksi Jagung

Abdya,- jurnal86.com Jajaran Babinsa Kodim 0110/Abdya yang tersebar di 9 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) turut mendorong peningkatan ekonomi petani dengan memberdayakan program ketahanan pangan salah satunya komoditi jagung.

Selain padi, sektor komoditi jagung ini masih menjadi pilihan para petani di wilayah itu. Tanaman ini dianggap sangat efisien baik dalam perawatan maupun pemasaran.

Terlebih, para Babinsa Kodim Abdya yang tersebar di 152 Desa turut aktif memberikan pendampingan terhadap para petani, mulai dari perencanaan di atas kertas hingga aksi nyata di lapangan.

Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Roqich Hariadi melalui Perwira Seksi Teritorial membenarkan pihaknya sangat mendukung program ketahanan pangan sebagai upaya membantu pemerintah memulihkan ekonomi daerah.

“Terus kita dorong apalagi pertanian di Abdya ini merupakan sektor unggulan. 80% lini ekonomi bersumber dari pertanian,” ujar Pasiter di Blangpidie, Jumat (5/5/2023).

Pasiter menyebutkan terkini pihaknya juga tengah mematangkan rencana penanaman jagung 100 hektar lebih. Kegiatan itu merupakan lanjutan dari program I’M Jagong yang digagas langsung oleh Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P., M.I.P.

Program tersebut akan dilakukan oleh seluruh jajaran dibagi dalam 3 zona yaitu wilayah Barat (Korem 012/TU), Tengah (Kodim 0101/BS) dan Timur (Korem 011/LW).

“Total lahan jagung yang disiapkan seluruhnya 3000 hektar,” terangnya.

Pasiter menandaskan, program ini digulirkan oleh Kodam IM guna mewujudkan Aceh sebagai lumbung jagung nasional. Program ketahanan pangan tersebut juga diprioritaskan untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan ekonomi, menekan laju inflasi dan menurunkan stunting.

Sofyan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.